Jiwa Tenang Meningkatkan Kemampuan Mengamati Kehidupan


Apakah anda sudah masuk ke dalam jiwa tenang? Dalam kondisi kesadaran ini, anda akan bisa mengamati kehidupan, akan ada banyak pelajaran yang bisa dipahami dan diterapkan secara langsung ke dalam kehidupan.

Bagaimana cara meningkatkan daya pengamatan Anda?

Setiap tindakan Anda membutuhkan energi. Tindakan mengamati kehidupan juga membutuhkan energi. Ketika Anda mengambil tindakan, Anda mengarahkan energi kehidupan ke arah tertentu. Ketika Anda hanya mengamati kehidupan, sekali lagi Anda menggunakan energi, tetapi kali ini Anda mengarahkan aliran energi ke dalam.

Tindakan pengamatan bukan hanya tindakan melihat; ini membutuhkan kondisi jiwa tenang.  alih-alih Anda mengarahkan energi Anda ke dalam. Energi kehidupan di dalam diri Anda terus bergerak, baik ke arah luar atau ke dalam. Ketika Anda mengamati kehidupan, Anda mengubah arah energi kehidupan ke dalam.

Ketika Anda hanya mengamati kehidupan pada saat itu, kehidupan mengungkapkan kebenarannya kepada Anda. Tetapi dibutuhkan usaha yang baik untuk menahan diri pada saat ini, dan hanya mengamati kehidupan.

Kemanapun Anda Pergi, Di Sana Anda Berada

Itu membutuhkan latihan. Apa pun yang Anda lakukan dalam hidup terjadi pada tingkat pikiran. Apakah Anda melakukan sesuatu atau tidak, energi kehidupan dan pikiran terus bekerja di dalam Anda.
Energi kehidupan sudah mengalir dengan kecepatan tinggi, dan mengambil lingkaran di dalamnya tergantung pada perhatian pikiran Anda. Ketika Anda hanya mengamati kehidupan, Anda mengurangi laju energi kehidupan dan perlahan-lahan mengarahkan energi ke dalam.


Ketika energi kehidupan bergerak ke dalam, Anda mengalami kejelasan absolut pada saat itu, karena pikiran Anda tetap diam tanpa ada gerakan di dalam. Untuk mencapai keadaan ini dibutuhkan latihan. Anda harus menyisihkan waktu setiap hari untuk mengamati kehidupan.

Semakin Anda meningkatkan kekuatan Anda untuk mengamati kehidupan, semakin Anda mendapatkan manfaat darinya.

Sering kali, kita terbawa oleh situasi kecil atau tidak tahu bagaimana menahan diri dalam situasi kritis kehidupan. Menunjukkan kesabaran pada saat ini atau mengalami keheningan di dalam diri sendiri merupakan hal yang terlalu sulit bagi kita.

Ketika kita mengalami situasi kritis, sistem saraf kita menjadi impulsif, energi mengalir melalui sistem kita, dan dalam waktu singkat kita cenderung bereaksi saat ini.

Jika Anda meluangkan waktu untuk mengamati reaksi Anda pada saat itu, Anda akan melihat bahwa itu lebih merupakan proses mekanis, daripada respons yang keluar dari beberapa keputusan sadar.


Anda perlu meluangkan waktu setiap hari untuk mengamati kehidupan. Ingatlah, bahwa jiwa tenang adalah kunci untuk melakukan pengamatan.  Titik objek bisa berupa apa saja kecuali seluruh fokus Anda harus dalam proses mengamati kehidupan.

Untuk meningkatkan daya pengamatan Anda, Anda juga bisa tetap sadar akan momen tersebut. Anda dapat mengikuti latihan ini sepanjang hari.

Jika Anda mengamati pikiran Anda dengan cermat, Anda akan memperhatikan bahwa ia terus-menerus memikirkan satu hal atau yang lain. Tidak pernah berhenti bahkan untuk sesaat. Seluruh kekuatan ke pikiran berasal dari energi kehidupan yang terus-menerus mengambil lingkaran di dalam.
Ketika Anda membawa perhatian Anda ke saat ini, ada sedikit peluang bagi Anda, untuk terbawa oleh pikiran-pikiran Anda. Pikiran begitu mudah berubah sehingga bahkan ketika Anda membaca blog ini, ada begitu banyak hal yang terjadi secara bersamaan di pikiran Anda.


Ketika Anda tetap sadar pada saat itu, Anda tidak hanya mengamati lebih banyak hal yang hadir pada saat itu, tetapi Anda juga mengamati hal-hal yang terjadi pada saat itu.

Anda dapat melakukan percobaan sederhana ini dengan diri sendiri.

Cobalah memutar mata Anda, dan lihat berapa banyak hal yang dapat Anda perhatikan di sekitar Anda. Apakah pikiran Anda hadir pada saat ini, atau sudah berjalan di tempat lain?

Can you hold your mind for even a minute in this moment?

Pikiran dan energi kehidupan terbiasa mengikuti pola tertentu. Ketika Anda membawa kesadaran Anda ke saat Anda mematahkan pola berulang dan mengambil kendali sadar atas hidup Anda.

Kekuatan pengamatan meningkat ketika Anda tetap sadar akan kesadaran Anda. Pikiran selalu berkeliaran di sana-sini, tetapi jika Anda mengembalikan perhatian Anda ke pikiran, Anda akan melihat bahwa pikiran Anda melambat. Laju aliran pemikiran Anda berkurang.

Secara sadar atau tidak sadar, pikiran Anda selalu memikirkan sesuatu dan energi hidup Anda bergerak ke arah itu. Ketika Anda membawa kesadaran Anda kembali ke diri Anda sendiri, Anda menarik perhatian Anda dari pikiran bawah sadar dan mengarahkannya ke arah diri Anda sendiri.

Ini tidak memerlukan kekuatan apa pun; alih-alih yang perlu Anda lakukan hanyalah tetap sadar ( sadar bisa dilakukan dengan mudah bila anda masuk ke dalam kondisi jiwa tenang ) akan aktivitas pikiran Anda.

Mengembangkan kebiasaan melakukan satu hal pada satu waktu juga bermanfaat. Ketika Anda secara sadar menempatkan pikiran Anda pada satu hal, menjadi lebih mudah untuk fokus pada hal-hal yang ada. Ketika Anda mencoba melakukan terlalu banyak hal saat ini, tanpa sadar Anda menambah kekacauan pada pikiran Anda.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, apa pun yang Anda lakukan menghabiskan energi. Bahkan tindakan mengamati kehidupan membutuhkan energi. Jadi, penting bahwa dengan kehidupan sehari-hari Anda, Anda memanfaatkan energi Anda dengan baik.

Ketika Anda mulai mengamati kehidupan, Anda akan melihat bahwa dalam sehari, Anda terlibat dalam banyak kegiatan yang tidak melayani tujuan apa pun dalam hidup. Anda hanya memberi energi untuk hal-hal yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa tujuan bermanfaat.

Sering kali kita juga terlibat dalam kegiatan yang tampaknya penting, tetapi kegiatan yang sama dapat dilakukan dengan upaya yang lebih sedikit atau minimal.

Semakin banyak energi yang Anda hemat sepanjang hari, semakin baik kejelasan yang Anda miliki terhadap kehidupan. Ini tidak berarti Anda harus bersikap kalkulatif tentang setiap tindakan Anda, tetapi Anda tentu dapat menarik diri dari hal-hal itu, yang tidak lagi memenuhi tujuan dalam hidup Anda.

Jika anda bisa masuk ke dalam kondisi jiwa tenang, maka penggunaan energi anda akan jadi bisa efektif setiap harinya. Tak perlu terlalu banyak membuang energi untuk setiap aktifitas yang dilakukan.

Ketika Anda memiliki tujuan yang lebih besar untuk melayani, menjadi lebih mudah untuk meninggalkan hal-hal yang tidak perlu dari hidup Anda.

Anda juga dapat merencanakan dan menjadwalkan kehidupan sehari-hari Anda. Ini membantu Anda untuk menyingkirkan proses berpikir yang tidak perlu.


Ketika Anda telah merencanakan dan menjadwalkan barang-barang Anda di muka, tidak perlu pikiran untuk berpikir ke arah itu. Anda cukup mengikuti jadwal hari itu, dengan tetap sadar pada saat itu.

Semakin sedikit Anda terjebak dalam ketidak sadaran memikirkan situasi, peristiwa, dan orang-orang dalam hidup Anda, maka semakin banyak cahaya yang Anda rasakan di dalam diri anda sendiri.

Di setiap tahap kehidupan, kita memiliki prioritas yang perlu dilayani. Sangat penting bahwa kita tetap jernih dengan prioritas kita sehingga kita dapat menjaga diri kita tetap tenang dari dalam. Kecuali jika Anda secara sadar memberikan arah ke pikiran Anda, pikiran selalu memiliki ingatannya untuk mengarahkan Anda ke arahnya.

Jalan pengamatan adalah perjalanan panjang, dan di ujung jalan, Anda menjadi satu dengan sumbernya. Saat jalurnya panjang, Anda perlu mengevaluasi jalur Anda dari waktu ke waktu dan memperbaiki kesalahan Anda di jalur tersebut. Kesadaran jiwa tenang akan mengantar anda dengan efektif dan efisien sampai ke sumber kehidupan,  yang ada di dalam diri anda sendiri. Semakin banyak Anda belajar dan berimprovisasi di jalur Anda; semakin baik pengalaman Anda di jalan.

Share on Google Plus

About Erlangga Asvi

    Blogger Comment
    Facebook Comment