BannerFans.com

Latihan kesadaran Adalah Strategi Agar Tetap Waras Dalam Hadapi Tantangan

Sudah latihan kesadaran hari ini? Berikan sedikit jeda untuk bernafas saja, sudah merupakan sebuah latihan loh, apalagi jika bernafasnya diatur dengan baik, akan membuat fisik menjadi lebih rileks, jika fisik rileks akan membuat lebih mudah untuk membawa kesadaran melampaui kesadaran logika dan masuk pada kesadaran jiwa tenang.

Yoook, dicoba yoook….

Latihan kesadaran dengan rileksasi energi dulu yoook…

Setiap hari kita dihadapkan pada nuansa-nuansa kecil ( cieeeh nuansa….wkwkkwkw, daripada memakai kata masalah? Atau persoalan? Atau apalagi ya…? Tantangan? Nanti ditantang terus donk…hehehhehe ) yang membawa kita keluar dari kegembiraan dan jatuh ke dalam keputusasaan dan frustrasi. Mengapa ini terjadi pada saya?!´, kita mungkin sering bertanya-tanya. Dan kenapa tidak? Kita belajar dari tantangan. Tantangan membantu kita merenungkan area yang membutuhkan restorasi. Tantangan membawa kita keluar dari zona nyaman kita dan mengajari kita pelajaran indah ketika kita memilih untuk mendengarkan dan menjalani hidup dengan pikiran terbuka, hati terbuka, dan sikap terbuka yang haus akan umpan balik.

Semua adalah latihan kesadaran, semua yang kita lakukan adalah praktek kesadaran…

Karena hidup terkadang mengejutkan kita dengan tantangan-tantangan kecil ini, disarankan untuk memiliki strategi untuk menghadapi situasi-situasi yang membuat kita tidak fokus. Mempelajari kecerdasan emosional yang diperlukan untuk mengatasi stres yang menyertai mereka juga merupakan ide yang bagus. Ketika kita secara sadar menghadapi tantangan kita dengan menerapkan strategi ini, hasilnya mungkin akan mengejutkan loh.

Saya akan sharing beberapa hal yang biasanya saya pelajari dan saya lakukan untuk melatih kesadaran dalam menghadapi nuansa nuansa yang sering kita sebut sebagai tantangan sehari hari, baik ketika berurusan dengan hidup atau pekerjaan/bisnis. 


01 | STOP -  PUTUSKAN - HUBUNGKAN.

Mari kita mulai dengan mengkhawatirkan—itu membuang-buang waktu. Kekhawatiran membawa kita ke masa depan, tetapi tantangan kita ada di masa sekarang. Situasi untuk menghadapinya ada di sini dan sekarang! Jadi bagaimana khawatir bisa membantu? Tidak. 

Ketika perasaan khawatir merayap masuk, BERHENTI! Kemudian, ambil napas dalam-dalam, dan lagi, dan lagi. Waspadai kekhawatiran Anda dan waspadai pikiran Anda. Berhenti dan dengarkan suara kekhawatiran.

Sangat membantu jika kita bisa melakukan rileksasi energi, menyadari dan mengamati pikiran dan perasaan kita sendiri. Ingatlah bahwa ini adalah latihan kesadaran, semua  adalah praktek kesadaran, apa yang kita hadapi adalah cara bagi kita untuk melatih kesadaran.

Kemudian jadilah pelatih bagi diri kita sendiri, dan tanyakan pada diri sendiri: 

“Dapatkah saya menyelesaikan tantangan ini?”

Rileks…Tenang..Damai

Rasakan jawabannya secara intuitif. Akan muncul dari kedalaman hati kita sendiri. 

Jawaban pertama yang datang adalah yang selalu benar. Berhati-hatilah, jawaban pertama cepat, lembut dan lembut, tapi mudah dan sering kita abaikan.

Jika jawabannya tidak, maka berhentilah khawatir dan lanjutkan. Apa gunanya khawatir jika Anda tidak bisa menyelesaikan masalah? 


Baca juga artikel : 

Latihan Kesadaran – Sinkronitas Pikiran Kita Dan Sekitar


Mungkin Anda ingin terus bertanya pada diri sendiri, seperti: 

Adakah yang bisa membantu saya menyelesaikan tantangan ini?, 

Bisakah tantangan itu diselesaikan?, 

Apakah saya dimaksudkan untuk menyelesaikan tantangan ini? 

Apakah tujuan saya untuk menyelesaikan tantangan ini?. 

Bergantung pada pentingnya tantangan, Anda mungkin ingin terus mencari solusi secara lebih mendalam. 

Ingatlah untuk bernafas untuk memberikan jeda..sekali lagi….. ingat-ingatlah bahwa kita sedang latihan kesadaran.

Saat bernapas, ini bisa menjadi sarana kita dalam berlatih rileksasi untuk hari ini.

Jika jawabannya ya, maka berhentilah khawatir dan lanjutkan. Jika kita memiliki sumber daya yang kita butuhkan untuk menyelesaikan tantangan ini, lalu mengapa khawatir? Bernafas. Hentikan obrolan pikiran. Tetap bernafas. Berikan pikiran kita sesuatu untuk dilakukan, seperti rileksasi energi, dengan cara itu kita bisa mulai memutuskan pikiran dari masalah.

Jika kesitu terus fokus pikiran kita, maka kesitu juga aliran energinya akan datang. Maka kita akan seperti memberikan lebih banyak energi untuk masalah itu, akan bertambah besar masalahnya, makin besar tantangan yang akan kita hadapi.

Terakhir, dengan rileksasi energi, dengan pin rileks..tenang..damai maka akan lebih mudah bagi kita untuk bisa masuk pada kesadaran jiwa tenang. Menghubungkan diri pada kesadaran jiwa tenang akan membuat kita mendapatkan kembali ketenangan dan kedamaian batin kita di mana tantangan yuang kita hadapi tidak ada pada saat ini. Kembali lagi, ingatlah bahwa kita sedang praktek kesadaran, sedang latihan kesadaran. 

Ada banyak cara untuk terhubung dengan Jiwa kita. Cara paling sederhana untuk terhubung dengan Jiwa kita adalah dengan mengikuti nafas. Atur nafas dan gunakan pin energi rileks..tenang..damai


02 | TANYA DAN JAWAB

Selanjutnya, jika sudah bisa masuk pada ketenangan jiwa, ketika kita terhubung dengan kesadaran tenang, maka bisa jadi kita akan bisa masuk lebih dalam pada lapisan kesadaran jiwa bijaksana. 

Jiwa tenang adalah jiwa yang lebih mumpuni untuk digunakan sebagai pemecah persoalan, karena jika kita bisa masuk pada jiwa tenang, maka kemungjkinan jiwa bijaksana juga akan aktif. 

FYI : Artikel mengenai lapisan kesadaran jiwa manusia bisa anda baca pada artikel berikut ini :

7 Lapis Kesadaran Jiwa Manusia

Jika kita sudah masuk apda lapisan kesadaran jiwa tenang, dari ruang hubungan dengan hati nurani dan jiwa kita ini, dari keadaan damai dan terpusat ini, mintalah bantuan, atau tanyakan saja pada diri anda sendiri. 

Tanyakan saja. Mintalah dalam kondisi meditatif ( latihan eksadaran membawa kita pada kesadaran jiwa tenang ) atau dalam doa atau dalam kontemplasi atau dalam tafakur, apa pun yang berhasil bagi Anda, bahwa solusi terbaik datang untuk masalah ini, meminta perlindungan, meminta hasil terbaik, meminta orang yang tepat yang dapat membantu Anda memecahkan tantangan untuk datang dengan cepat. Mintalah sumber daya yang Anda butuhkan bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda membutuhkannya. Visualisasikan itu semua terjadi dan selesaikan sendiri dengan mudah dan elegan. 

Rasakan rasa ketenangan dan keajaiban dan kelegaan dalam tubuh dan pikiran Anda saat Anda melepaskan harapan apa pun.

Latihan kesadaran juga melibatkan rasa syukur, melatih kesadaran tanpa rasa syukur akan seperti tanah yang gersang tanpa adanya air yang mengalir membasuh.

Jangan lupa bahwa syukur yang dilantunkan dalam kesadaran jiwa tenang akan sangat berbeda efeknya dengan syukur yang dilantunkan dalam kesadaran logika. Coba saja, dapatkan pengalaman nya dan manfaatnya secara langsung akan muncul.

Melepaskan adalah kuncinya. Percaya bahwa itu dilakukan. Percayalah bahwa semuanya akan datang kepada kita. Percayalah bahwa kita akan tahu. Bernapaslah dan lepaskan sedikit lebih banyak dari harapan apa pun.


Baca juga artikel : Latihan Kesadaran – Piknik Ke Dalam Diri


03 | KESADARAN JIWA BERAKSI

Percaya bahwa tantangan mulai bisa teratasi dan bahkan selesai, bahwa segala sesuatu akan datang sesuai keinginan kita tidak berarti kita hanya duduk atau rebahan dan menyaksikan semuanya terjadi.

Kembali lagi, saya selalu mengingatkan diri saya sendiri, ini adalah latihan kesadaran, melatih kesadaran diri sehingga kita bisa tau dan selalu mengkalibrasi ulang kondisi kesadaran kita, sudah sampai pada kesadaran apa? Bisakah bertahan disana dalam durasi lama?

Dalam kesadaran jiwa tenang, kita akan mulai bisa mengatur pikiran dan mengarahkannya ke sebuah titik, mempertahankan keyakinan dan memvisualisasikan bahwa tantangan yang sedang kita hadapi sudah kita selesaikan dengan baik, rasakan bagaimana rasanya jika tantangan itu sudah selesai, bagaimana kita bersyukur tentang hal tersebut.

Atur nafas, rileks…tenang..damai. 

Dengan pola pikir pemenang, mengetahui bahwa tantangan telah diselesaikan dan mengetahui bahwa semua dukungan yang kita butuhkan sudah ada, kita akan menjadi mempunyai daya, diberdayakan oleh perasaan kita didukung, cobalah ambil tindakan, action…….

Ikuti intuisi dan lakukan apa yang diperintahkan.

Apa satu langkah kecil yang dapat kita ambil saat ini untuk mulai menyelesaikan tantangan?. Mulailah bertukar pikiran dengan diri kita sendiri, dalam latihan kesadaran, masuk ke dalam kesadaran yang tepat akan membuat kita bisa bercakap dan seolah sharing, bertukar pikiran dengan diri sendiri. Gunakan intuisi, dan biarkan diri kita dibimbing keluar dari tantangan. Hati kita ini selalu tahu jalannya dan ingin hidup kita sukses, itulah sebabnya hati kita akan membantumu ketika kita mendengarkannya. 

Dan ingat….. tetap bernafas ya, tetap sadar bahwa kita masih bernafas, tapi jangan lupa, bahwa kita bukanlah fisik dan pikiran ini. Kita adalah jiwa, bos dan komandan dari fisik dan pikiran. 


Share on Google Plus

About Erlangga Asvi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar