BannerFans.com

Latihan Kesadaran – Cara Latihan Rileks dan Tenang

These moments, saat saat ini, adalah saat yang paling tepat untuk latihan kesadaran. Semua momen adalah suatu bentuk pengingat untuk berlatih menjadi lebih sadar. 

Dan lebih menyenangkan lagi, untuk selalu memiliki pengingat agar bisa selalu hadir. Untuk berhenti sejenak, memberikan jeda, sehingga bisa masuk ke dalam ketenangan jiwa, tempat dimana keheningan berada. Tempat yang paling menyenangkan bagi kita. 

Saya selalu mengingat kembali, bahwa saya dalah jiwa, bukan pikiran, bukan juga tubuh fisik ini. Saya adalah jiwa. Dan tempat yang paling menyenangkan adalah dimana keheningan berada, di dalam kesadaran jiwa tenang. Dan itu bisa dicapai dengan latihan kesadaran. 

Jangan sampai kita terjebak pada kacaunya situasi yang ada di sekitar kita, jangan sampai kekacauan itu yang mengatur diri kita, dan menjauhkan diri kita dari keheningan.

Saya akan coba sharing, apa saja yang bisa dilatih dalam tiap kondisi agar bisa mudah masuk ke dalam kesadaran jiwa tenang. Ini adalah sebuah latihan kesadaran. Ini adalah semacam pengingat atau reminder sederhana yang bisa membawa kita menjadi lebih sadar, mindfulness.

Kalau saya, saya berusaha memasukkan pengingat ini di dalam reminder yang ada di smartphone saya, sehingga kapan saja dia bisa mengingatkan saya untuk berlatih kesadaran agar tak keburu terjebak oleh kacau dan liarnya pikiran, dan juga tak terikat sepenuhnya oleh perasaan yang muncul, gak terlalu baper.

Ini hanya mengulang lagi dari apa yangs duah anda ketahui sebelumnya ya, karena saya yakin anda sudah banyak belajar dan membaca disana sini. 

“...Hello, Smart People...” gitu kata Deddy Corbuzier menyapa penonton podcast populernya. 


Ambil Jeda dan Atur Nafas

Ambil sedikit jeda dan kemudian atur nafas. Cukup luangkan waktu beberapa kali dalam sehari untuk berhenti sejenak, ambil sedikit jeda pada tiap aktifitas dan cek ulang nafas, jika nafas tak teratur segeralah diatur. Perhatikan bagaimana perasaan. Berusalah menikmati suasana yanga da di sekitar, apapun itu, bagaimanapun kondisi yang ada di sekitar. Get present to our surroundings.

Santai dan Nikmati

Just be slowly and savor. Lambatkan ritmenya,..santai... kemudian nikmati aktifitasnya.  Saat makan, makanlah setiap gigitan dengan perlahan, berikan banyak jeda dan tarik napas di antara tiap gigitan, serta nikmati setiap gigitan dengan sungguh-sungguh. Seberapa sering kita memberi diri kita hadiah ini? Dan kita bisa melakukan ini dengan aktivitas apa pun — lakukan perlahan, dan nikmati aktivitasnya. Mencuci piring. Mandi. Menggosok gigi. Membersihkan meja kerja. Go Slowly, santai, dan nikmati sepenuhnya.

Temukan Momen Hening. 

Hampir setiap saat sepanjang hari, kita dapat menemukan momen yang membawa pada keheningan. Meringkuk di sofa dengan sebuah buku. Duduk di bangku taman sambil berjalan-jalan. Pergi ke luar dan lihat ke langit atau ke pepohonan. Daripada terus-menerus bergerak, kita dapat berhenti sejenak dalam ketenangan dan menikmati keheningan yang berada pada ketenangan itu.

Bagaimana bila momen itu tak bisa didapatkan? Maka kita harus mencoba untuk membuatnya, menciptakan momen yang bisa membawa pada ketenangan jiwa. 

Cobalah ambil jeda sedikit dan lakukan rileksasi energi, latihan kesadaran dengan rileksasi energi akan membuat kita mudah tenang, mudah masuk pada keheningan. Tak membutuhkan waktu lama dan sangat mudah untuk dilakukan. 

Biarkan Kepo Ada

Apa pun yang kita lakukan, ini adalah kesempatan untuk membangkitkan rasa ingin tahu. Apa yang membuat kita penasaran saat seseorang berbicara dengan kita? Perhatikan ketika kita telah menutup rasa ingin tahu kita menjadi sebuah opini, pandangan, penilaian, kebenaran. Biasanya ketika kita tidak tenang dan menjadi mudah frustrasi atau kaku dalam pandangan sehingga pikiran mudah berasumsi, maka muncullah sudut pandang (PoV) yang tidak tepat ( suka merugikan atau negatif ). 

Sebaliknya jika kita membiasakan untuk latihan kesadaran dan selalu bisa rileks pada tiap kondisi ( paling tidak dicoba dan dilatih terus, yah kesadaran itu naik turun, tapi benar,...saya jadi mudah sadar jika rajin berlatih ), dapatkah kita membawa rasa ingin tahu dan melihat apa yang dapat dipelajari dari orang ini, atau situasi yang sedang kita hadapi ini? Bisakah kita benar-benar mencoba untuk mengetahui lebih banyak, dan membawa rasa ingin tahu yang menyenangkan yang kita miliki seperti dulu ketika kita masih kecil tentang segala sesuatu di dunia kita.

Baca juga artikel : 

Latihan Kesadaran – Keheningan – Keingintahuan


mBodo

Biarkan diri kita tetap dalam ketidaktahuan. 

Mbodo adalah istilah jawa, berasal dari kata Bodoh, mBodo berarti sok bodoh.

Kita ingin tahu jawabannya. Tidak tahu adalah keadaan yang kebanyakan orang ingin segera keluar, jadi kita akan membuat rencana, browsing mengenai sesuatu, mencoba mencari tau tentang sesuatu. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi bagaimana rasanya tetap dalam ketidaktahuan? 

Untuk penasaran, dan menikmati perasaan tak berdasar karena tidak memiliki jalan atau pandangan yang tetap? Kita dapat membawa ini ke aktivitas apa pun, percakapan apa pun.

Berlatih kesadaran akan membuat kita lebih mudah untuk menyadari lapisan kesadaran apa yangs edang aktif, jika lapisan kesadaran jiwa ego aktif, mungkin juga kita akan menjadi sok tau, selalu merasa paling pintar. Dalam kondisi ini energi positif akan cepat habis, bisa jadi kita akan sering menjadi low batt. Kehabisan energi positif membuat semua yang positif pelan pelan menjauh dari keseharian kita.

Baca juga artikel :  
Latihan Kesadaran – Kebebasan Sejati


Sadar Tenang Hadir Sekarang 

Ritual mindfulness, ritual penyadaran diri. 

Mindfulness adalah sebuah kondisi dimana kita bisa masuk pada kesadaran jiwa tenang, dan menyadari diri kita sendiri, terutama pikiran dan perasaan kita, menikmati suasana dan kondisi yang sedang terjadi. 

Hal-hal kecil, seperti menyikat gigi, bisa menjadi ritual untuk memunculkan mindfulness, ritual untuk menikmati momen-momen yang hadir, menjadi pengamat atas apa yang ada, memunculkan rasa penasaran. Saat sarapan kita bisa menjadi waktu untuk bersantai dan menikmati. Menyalakan laptop kita di pagi hari bisa menjadi kesempatan untuk hadirnya ritual yang menyampaikan atau sharing dalam artikel ( seperti saya ) apa yang penting bagi kita hari ini. Mematikan laptop di malam hari dapat menjadi kesempatan untuk merenungkan apa yang sudah kita pelajari hari ini. Ada banyak peluang kecil seperti ini untuk membuat ritual untuk mendapatkan hadiah.

Hadiah? Ya,..seperti sebuah kejutan yang hadir tiap saat, selalu ada nilai atau hikmah tersembunyi dalam tiap momen yang jarang kita sadari, nilai nilai yang pastinya akan menjadi sebuah kebaikan, atau sering disebut sebagai barokah.

Rileks..Tenang..Damai
Yook kita latihan kesadaran

Tanyakan pada diri sendiri apa yang akan membuat kita bahagia hari ini. Setiap hari, kita bisa mulai dengan menanyakan apa yang membuat kita bahagia. Apakah ada pencapaian yang akan membuat hari ini menjadi hari yang menyenangkan? Misalnya saja saya sellau menunggu nunggu saat datangnya waktu berolah raga, running di pagi hari? Menelpon orang tua, saudara  atau sahabat? Jadikan ini sebagai prioritas utama untuk hari ini!

Temukan keajaiban dan kekaguman sekarang juga. Dalam setiap momen, jika kita membuka diri untuk itu, kita dapat menemukan kekaguman pada alam semesta yang luar biasa ini. Untuk keterkaitan yang mungkin kita lihat kita miliki dengan semua makhluk. Kita dapat menemukan keajaiban untuk hal-hal yang kita anggap remeh. Saat ini, di mana Anda dapat menemukan keajaiban dan kekaguman?

Seperti yang tadi saya tuliskan, ini mungkin bukan hal baru bagi Anda —Anda sudah sering melakukan latihan kesadaran, mencoba tehnik mindfulness, tapi dapatkah Anda menggunakan pengingat ini sebagai kesempatan untuk memunculkan nilai nilai baru, keajaiban, hikmah dan barokah yang lebih ke dalam hidup Anda di hari ini?


Share on Google Plus

About Erlangga Asvi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar